Konservasi Sumber Daya Alam
Mendeskripsikan tentang: arti penting KSDA,
pelaksanaannya, dan hambatan-hambatan yang dihadapinya
pelaksanaannya, dan hambatan-hambatan yang dihadapinya
•Menjelaskan pengertian konservasi sumberdaya alam
•Mendeskripsikan klasifikasi sumberdaya alam
•Menjelaskan tujuan konservasi sumberdaya alam
•Mendeskripsikan bentuk-bentuk konservasi sumberdaya alam
•Mendeskripsikan hambatan-hambatan dalam pelaksanaan konservasi sumberdaya alam dan upaya penanggulangannya
Di dalam Undang-undang RI Nomor 23 tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup Bab I Pasal 1 disebutkan bahwa;
“ konservasi sumberdaya alam adalah pengelolaan sumberdaya alam tak terbaharui untuk menjamin pemanfaatannya secara bijaksana dan sumberdaya alam yang terbaharui untuk menjamin kesinambungan ketersediaannya dengan tetap memelihara dan meningkatkan kualitas, nilai, dan keanekaragamannya “
“ konservasi sumberdaya alam adalah pengelolaan sumberdaya alam tak terbaharui untuk menjamin pemanfaatannya secara bijaksana dan sumberdaya alam yang terbaharui untuk menjamin kesinambungan ketersediaannya dengan tetap memelihara dan meningkatkan kualitas, nilai, dan keanekaragamannya “
mewujudkan pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan hidup dalam rangka pembangunan manusia Indonesia seutuhnya dan pembangunan masyarakat Indonesia seluruhnya yang beriman dan bertaqwa kepada TYME
•Siklus Biogeokimia
•Kompetensi dasar: Memahami pentingnya siklus kimia dalam menyediakan unsur kimia di bumi
•Ekosistem telah menerima masukan energi matahari yang tidak akan habis, tetapi unsur kimia tersedia sangat terbatas.
•Sumber unsur kimia sangat bergantung pada siklus unsur kimia, walaupun kadang2 saja didapatkan dari meteorit yang menubruk bumi.
•Siklus unsur kimia melibatkan komponen abiotik dan biotik suatu ekosistem. Oleh karena itu perputarannya disebut siklus biogeokimia
•Siklus air
•Siklus air digerakkan oleh energi matahari
•Sebagaian besar terjadi di antara lautan dan atmosfer melalui penguapan (evaporasi) dan curah hujan (presipitasi)
•Siklus air terjadi melalui proses fisika: evaporasi, transpirasi, dan presipitasi
•Siklus Karbon
•Karbon penyusun semua senyawa orgnik
•Karbon --- dari karbohidrat dihasilkan selama fotosintesis, karbondioksida dibebaskan selama respirasi
•Konsentrasi CO2 di atmosfer = 0,03%
•Jumlah CO2 ditentukan musim, konsentrsi CO2 paling rendah pada musim panas dan paling tinggi pada musim dingin. Mengapa? Bagian utara daratan > lautan, shg vegetasi >, aktifitas fotosintesis maksimum pada musim panas, shg mengurangi CO2 global di atmosfer
•Siklus Nitrogen
•Nitrogen ditemukan pada semua asam amino. Asam amino merupakan penyusun protein organisme.
•Nitrogen pada tumbuhan hanya dalam dua bentuk mineral: NH4 (amonia) dan NO3 (nitrat).
•Hampir 80% atmosfer terdiri dari gas nitrogen (N2).
•Gambarkanlah siklus air, karbon, dan nitrogen berdasarkan bacaan yang diberikan!
•Biosfer
•Kompetensi dasar: Memahami peranan faktor abiotik dalam menjaga keseimbangan lingkungan
•MISI KE MARS….mencari sebuah kehidupan
•Ada bekas erosi di Mars, ini berarti di planet itu pernah ada air
•Penelitian terbaru: dipermukaan Mars memang ada air, tetapi membeku di bawah permukaan tanah Mars. Ini karena suhu Mars 150-200 K (-123 sampai -27 celsius), yang menyebabkan air membeku.
•Hasil observasi misi Viking, tidak dijumpai kehidupan di Mars.
•Only Earth, ….. Living life is exist!
Lapisan yang mendukung kehidupan di Bumi ini adalah lapisan yang tipis yang disebut ekosfera atau biosfera, yang terbagi menjadi tiga yaitu:
•Hidrosfera
•Litosfera
•Atmosfera
•Hidrosfera = lapisan planet yang basah
•Bumi mengandung 1,4 X 10 ton air: 98% berbentuk cair. 97,4% berupa air laut.
•Hanya 2,6% yang berupa air tawar, yang 77,2%nya berupa es, 22,7 di danau, dan di sungai 0,4%, sisanya 0,04% terdapat sebagai uap air.
•Masalah Hidrosfer
•Jumlah air tawar yang dapat dimanfaatkan lansung oleh makhluk hidup sangat sedikit
•Jauhnya rantai suplai sampai ke tempat distribusi
•Litosfer adalah habitat semua tumbuhan, hewan, dan manusia
•Manusia dan hewan menikmati hasil yang diproduksi oleh tanah dan mengembalikan sisanya yang tidak dibutuhkan kembali ke tanah.
•Tanah sumber mineral bagi makhluk hidup
•Pembentukan tanah [t] dipengaruhi oleh 5 faktor (Dokuchaelev), yaitu iklim [i], batuan induk [b], organisme [o], waktu [w], relief [r]
•Masalah litosfer
•Erosi akan menyebabkan mineral pada permukaan tanah terbawa aliran sungai ke laut dan terdeposit di laut.
•Perlu waktu lama, agar proses geologi “terangkatnya dasar laut ke atas permukaan laut dan menjadi daratan”
•Lapisan atmsosfer
•Atmosfer
•Di atmosfer terkandung gas oksigen, nitrogen, karbondiokasida, helium, dan gas lainnya.
•Pada lapisan stratosfer ada lapisan ozon yang melindungi bumi dari radiasi sinar pendek yang berasal dari matahari
•Masalah atmosfer
•Proporsi gas-gas yang ada di udara telah terjadi pergeseran
•Pencemaran Lingkungan
•Kompetensi dasar: Memahami akar masalah pencemaran, dampak, dan solusinya
Setelah perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan mampu:
•Membedakan polusi dan polutan
•Menjelaskan macam-macam pencemaran
•Menjelaskan akibat pencemaran
•Menjelaskan penanggulangan pencemaran
•Menjelaskan efek sampah terhadap manusia dan lingkungan
•Menjelaskan pengelolaan sampah di Indonesia
•Menjelaskan tanggung jawab pengelolaan sampah
•Menjelaskan cara-cara pengelolaan sampah
•Pengertian
•Semua makhluk hidup menghasilkan limbah.Hanya sebagian saja dari limbah yang dihasilkan dari aktivitas makhluk hidup yang bisa didaur ulang secara alamiah oleh dekomposer
•Zat atau bahan yang dapat mengakibatkan pencemaran disebut polutan.Syarat-syarat suatu zat disebut polutan bila keberadaannya dapat menyebabkan kerugian terhadap makhluk hidup.Misalnya , karbon dioksida dengan kadar 0,033% di udara berguna bagi tumbuhan, tetapi bila lebih tinggi dari 0,033% akan memberikan efek merusak.
•Pencemaran/Polusi
•Keberadaan suatu substansi dalam lingkungan yang disebabkan komposisi kimianya atau kuantitas kerusakan proses fungsi-fungsi alam dan hasil lingkungan yang tidak diinginkan berdampak pada kesehatan
•Polutan
•Bahan yang mengakibatkan pencemaran, yang jumlahnya melebihi normal, berada pada waktu dan tempat yang tidak tepat
•Sifat polutan:
•Merusak untuk sementara
•Merusak dalam jangka waktu lama
•Pencemaran Udara
•Gas H2S
•Gas CO dan CO2
•Oksida nitrogen ( NO dan NO2)
•Belerang dioksida (SO2)
•Senyawa karbón
•Pencemaran air
•Pembuangan limbah industri,sisa insektisida dan pembuangan sampah domestik. Misalnya sisa detergen. Buangan industri seperti Pb, Hg, Zn dan CO dapat terakumulasi dan bersifat racun
•Sampah organik yang dibusukkan oleh bakteri menyebabkan O2 di air berkurang sehingga mengganggu aktivitas kehidupan organisme air
•Kenaikan suhu air mengakibatkan kelarutan O2 dalam air berkurang. Hal ini akan mengganggu kelangsungan organisme yang hidup diperairan.
•Menurunnya pH air memperbesar sifat korosi air pada Fe dan dapat mengakibatkan terganggunya kehidupan organisme air.
•Pencemaran tanah
•Limbah domestik. Limbah padat berupa sampah anorganik.Jenis sampah ini tidak dapat diuraikan oleh mikroorganisme (non-biodegradable) misalnya, kantong plastik, bekas kaleng minuman, bekas botol plastik air mineral, dan sebagainya.
•Limbah cair berupa tinja, detergen,oli dan cat, jika meresap ke dalam tanah akan merusak kandungan air tanah bahkan dapat membunuh mikroorganisme di dalam tanah.
•Limbah industri
•a). Limbah industri berupa limbah padat, yang merupakan hasil buangan industri berupa padatan, lumpur, bubur yang berasal dari proses pengolahan, pabrik gula, pulp, kertas, rayon, plywood, pengawetan buah, ikan, daging.
•b). Limbah cair yang merupakan hasil pengolahan dalam suatu proses produksi, misalnya sisa-sisa pengolahan industri pelapisan logam dan industri kimia lainnya.Tembaga, timbal, perak, khrom, arsen, dan boron adalah zat-zat yang dihasilkan dari proses industri pelapisan logam.
•Limbah pertanian berupa sisa-sisa pupuk sintetik untuk menyuburkan tanah atau tanaman, misalnya pupuk urea.
DAMPAK
Timbunan sampah yang berasal dari limbah domestik dapat mencemari tanah karena lindi (air sampah), dapat menimbulkan bau dan estétika lingkungan terganggu
•Sampah anorganik yang tidak terbiodegradasi, menyebabkan lapisan tanah tidak dapat ditembus oleh akar tanaman dan tidak tembus air sehingga peresapan air dan mineral yang dapat menyuburkan tanah hilang karena terhalang oleh sampah.
•Limbah cair rumah tangga berupa: tinja, deterjen, oli bekas, dan cat.
•Limbah padat hasil buangan industri berupa padatan, lumpur, bubur yang berasal dari proses pengolahan. Penimbunan limbah padat mengakibatkan pembusukan yang menimbulkan bau disekitarnya karena adanya reaksi kimia yang menghasilkan gas tersebut.
•Perubahan Iklim Global
•Kompetensi Dasar:
Memahami isu global lingkungan
Memahami isu global lingkungan
Indikator:
Setelah pertemuan ini, mahasiswa dapat:
•Menjelaskan isu global, yaitu isu lingkungan regional, dan isu lingkungan global
•Menjelaskan hasil konferensi tentang “Perubahan Iklim Global”
•Menjelaskan pentingnya “education for sustainable development” (ESD)
•Isu global
•Walaupun secara politik dunia ini terdiri dari berbagai negara, tetapi masalah lingkungan muncul dalam isu global.
•Isu ini memerlukan kepedulian dan peran serta semua negara dan bangsa secara global
•Isu regional
ASEAN
•Tumpahan minyak di selat malaka
•Kebakaran hutan di Riau dan Kalimantan
Eropa
•Sungai Rhein
Asia Selatan (India, Pakistan, Bangladesh)
•Sungai Gangga
Kanada & AS
•Air terjun niagara
•Isu lingkungan berskala global
•Perubahan iklim
•Pemanasan karena dampak rumah kaca
•Hujan asam
•Berlubangnya lapisan ozon
•Kemunduran kualitas hutan yang berdampak pada keanekaragaman hayati
•Global Warming is Big Problem
•Harapan itu masih ada!
•Diberbagai kota di Amerika Utara dan Eropa sudah dapat mengontrol polusi air dan udara, sehingga lebih bersih dan polusi berkurang
•Populasi penduduk di beberapa negara industri sudah stabil, kecuali di beberapa negara miskin. Per wanita melahirkan anak sudah berkurang dari 6.3 menjadi 3.4, walaupun masih tinggi dari ketentuan zero population yaitu 2.1 per pasangan.
•Kepedulian terhadap lingkungan meningkat, 80% hasil polling pada rakyat Amerika menyetujui untuk melindungi lingkungan